Senin, 23 September 2013

Fungsi dan Kurva Permintaan

Guys,......masih ingatkah kalian dengan pembahasan tentang konsep permintaan,.......dalam konsep permintaan kita mengenal adanya hukum permintaan, ayo masih ingat nggak? Ok penulis akan bahas sedikit tentang hukum permintaan.
Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya, jika harga naik, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta turun, dan sebaliknya jika harga turun, akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain dianggap konstan. Contoh dari Hukum Permintaan adalah ketika harga telepon selular semakin lama semakin murah maka permintaan akan barang tersebut meningkat secara signifikan.

Nah udah kebuka lagi khan memorinya,.....sekarang ekonomi kelas x akan membahas mengenai fungsi dan kurva permintaan. Nah lho, apa lagi ntu, pake kurva segala kaya matematika aja,....?
Yup emang agak mirip dengan matematika,.....tapi tenang matematika bukan horor kok,......lebih jelasnya kita simak uraian berikut,....

Fungsi dalam ekonomi merupakan model persamaan yang menyatakan keadaan suatu keadaan. Jadi fungsi permintaan merupakan model ekonomi yang menjelaskan keadaan permintaan akan suatu barang atau jasa  yang berbentuk persamaan matematis. Sedangkan kurva permintaan merupakan model ekonomi yang menjelaskan keadaan permintaan akan suatu barang dan jasa dalam bentuk grafik. Secara matematis, persamaan untuk fungsi permintaan berdasarkan hukum permintaan dapat ditulis sebagai berikut :
Agar lebih mudah, coba kita perhatikan ilustrasi berikut agar kamu dapat menentukan seberapa besar perubahan permintaan apabila terjadi perubahan harga :

Suatu fungsi permintaan jika diketahui a = 4, b = 2, dan P = Rp10,00. Berapakah jumlah barang yang diminta?
Jadi apabila harga Rp10,00 jumlah barang yang diminta adalah 16. Jika digambarkan dalam grafik dengan fungsi permintaan Qd = 4 - 2P adalah sebagai berikut :
Jika kalian perhatikan kurva permintaan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah hal ini terjadi karena berlakunya hukum permintaan,....kalian masih ingatkan bunyi hukum permintaan? Oleh karenanya setiap harga naik maka permintaan pun akan menurun sehingga menyebabkan pergerakan kurva permintaan menurun dari kiri atas menuju kanan bawah, tentunya hal ini akan terjadi dengan asumsi semua faktor lain berada dalam keadaan konstan atau tidak berubah. Jika ada faktor yang berubah, maka akan terjadi pergeseran kurva permintaan.

nah apa lagi tu pergeseran kurva permintaan ?

Pergeseran kurva permintaan menunjukkan adanya perubahan permintaan terhadap suatu barang yang disebabkan oleh perubahan faktor-faktor di luar harga barang itu sendiri. Faktor-faktor tersebut adalah pendapatan, selera, jumlah, penduduk, promosi perusahaan, dan ramalan di masa datang (faktor-faktor ini telah dijelaskan sebelumnya).

Pergeseran kurva Permintaan
Setiap perubahan yang mengakibatkan pertambahan jumlah permintaan pada suatu tingkat harga tertentu, akan menggeser kurva permintaan ke kanan. Sebaliknya, setiap perubahan yang menurunkan jumlah permintaan akan menggeser kurva permintaan ke kiri. Pergeseran kurva permintaan secara ilustratif dapat digambarkan sebagai berikut :

Sumber :

  • Eko, Yuli. 2009.Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional : Jakarta 
  • Mulyati, Sri Nur dan Mahfudz, Agus dan Permana, Leni.2009. Ekonomi 1 : Untuk Seklah Menengah Atas/ MAdrasah ALiyah Kelas X. Pusat Perbukuan DEpartemen Pendidikan Nasional : Jakarta. 
  • Kementrian Pendidikan Nasional : Buku Sekolah Elektronik 

0 komentar:


WELLSHARED © 2008. Good Template Sponsored by: Tutorial87 Commentcute Blogger Templates
WELLSHARED © 2012. By: http://armanadhi.blogspot.com