Rabu, 25 April 2012

Bentuk Fungsi dan Peran Pasar

BENTUK PASAR DALAM PEREKONOMIAN

Pasar merupakan tempat dimana proses hubungan timbal balik terjadi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang atau jasa yang dibutuhkan atau diperjualbelikan.
PASAR
Definisi pasar secara luas diungkapkan oleh W.J. Stanton menurutnya pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya. Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk atau barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi. Transaksi yang dilakuan antar konsumen dan produsen di pasar umumnya terkait dengan berbagai macam barang untuk keperluan hidup sehari-hari. Menurut ilmu ekonomi pasar adalah tempat dimana proses atau berlangsungnya transaksi permintaan dan penawaran atas barang dan jasa. Di pasar sering terjadi permintaan dan penawaran atas barang-barang yang diperdagangkan. Penawarn dilakukan oleh penjual dengan menunjukkan barang yang diperdagangkan. Tujuannya adalah agar calon pembeli tertarik membeli. Dalam istilah ekonomi hal ini disebut permintaan. Produsen dan konsumen kadang-kadang bisa berhubungan dengan mudah. Akan tetapi kadang-kadang mereka juga mengalami kesulitan, contohnya ketika konsumen tidak bisa berhadapan langsung dengan produsen yang menghasilkan barang yang dimaksud karena beda wilayah. Maka dari itulah dibuthkan badan atau lembaga distribusi. Distribusi adalah salah satu kegiatan ekonomi yang berfungsi menyalurkan, menyampaikan, atau menyebarkan barang atau jasa dari produsen ke tangan konsumen.

FUNGSI DAN PERAN PASAR
Fungsi pasar yang utama adalah mempertemukan penawaran dan permintaan (produsen dan konsumen) dalam rangka pembentukan harga serta menambah kegunaan barang. Sedangkan fungsi ekonomis dari pasar meliputi:
1. Fungsi pembentukan harga; pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dengan pembeli;
2. Fungsi konsumsi; pasar berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa tertentu;
3. Fungsi menyalurkan barang dari produsen ke konsumen; di dalam pasar konsumen mencari barang yang dibutuhkan dan produsen menyediakan barang yang diperlukan;
4. Memecahkan persoalan perbedaan tempat: pasar mengatasi perbedaan tempat antara produsen dan konsumen, di samping itu juga menjembatani perbedaan antara konsumen satu dengan lainnya;
5. Memecahkan persoalan perbedaan waktu; hasil-hasil pertanian bersifat musiman sedangkan permintaan berlangsung terus menerus, sehingga mengatasi perbedaan waktu antara saat panen dengan saat dibutuhkan;
6. Seleksi dan kombinasi barang menurut jumlah dan jenisnya; kebanyakan usaha produksi dispesialisasikan pada satu macam barang saja, sedangkan konsumen menghendaki macam-macam barang dalam berbagai jumlah, ukuran dan kualitas.

Peran pasar di antaranya adalah:
a. Peranan pasar bagi konsumen; pasar mempunyai peran yang sangat penting bagi konsumen, karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jas yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

b. Peran pasar bagi produsen; pasar mempunya peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu produsen juga dapat memperoleh barang atau jasa yang akan digunakan untuk keperluan produksi.

c. Peran pasar bagi pembangunan; peranan pasar bagi pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berkangsung. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui ajak dan retribusi. Peran pasar bagi sumber daya manusia; kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya, dan membuka lapangan kerja.

0 komentar:


WELLSHARED © 2008. Good Template Sponsored by: Tutorial87 Commentcute Blogger Templates
WELLSHARED © 2012. By: http://armanadhi.blogspot.com